The Way Of Life: Penipuan berkedok Lowongan Kerja di PT. Gudang Garam, Tbk
Google

Sunday, May 05, 2019

Penipuan berkedok Lowongan Kerja di PT. Gudang Garam, Tbk



Belum lama ini saya nyaris tertipu dengan lowongan kerja di situs Jobstreet.com, yang dibuat oleh "PT. Gudang Garam, Tbk", memang saya tulis dalam tanda kutip karena yang membuat adalah PT. Gudang Garam , Tbk Gadungan.

Lowongan abal abal PT Gudang Garam di Jobstreet.com - Logo sudah diganti dan link sudah tidak aktif

Kasus ini setelah saya browsing di internet, teknik penipuan semacam ini telah ada dari tahun 2012 dan tidak menutup kemungkinan sudah ada lebih lama lagi, karena tidak ada yang publish atau menulis di internet. Artinya teknik penipuan dengan menggunakan nama besar PT. Gudang Garam, seharusnya bisa dicegah oleh sistem atau admin Jobstreet.com karena berulang dan sudah cukup lama, sehingga jika ada lowongan dengan "keyword"  PT. Gudang Garam bisa dicek apakah benar yang membuat adalah PT. Gudang Garam sungguhan atau bukan. Bukan hanya Jobstreet, mungkin Jobsdb dan masih banyak lagi situs pencari kerja lainnya.

Berikut akan saya ceritakan kronologi dan teknik yang digunakan.

Tanggal 19 Februari 2019 malam menjelang pagi yaitu pukul 00.00 lebih saya apply di PT. Gudang Garam, Tbk, kemudian pada besok siangnya jam 11.00 siang saya mendapat e-mail dari "HRD" PT. Gudang Garam, Tbk bahwa saya lolos syarat administrasi dan berhak untuk menjalani tes di Surabaya, posisi saya di Jakarta. Satu sisi, saya sangat senang, satu sisi muncul pertanyaan kenapa harus tes di Surabaya. Karena kantor PT. Gudang Garam juga ada yang di Jakarta. Shock pasti, karena baru apply tadi malam, eh pagi sudah dipanggil, dan hanya 30an orang saja. Undangan itu mensyaratkan saya untuk menjalani tes selama 2 hari yaitu Kamis s/d Jumat di Kantor Gudang Garam yang berlokasi Surabaya, disediakan fasilitas akomodasi yang nantinya bisa di-reimburse setelah selasai tes. Dalam hati, gila ini, memang bonafid PT. Gudang Garam, tes saja dibayarin, lolos gak lolos. Tidak itu saja,  saya juga dikonfirmasi melalui SMS juga, untuk mengkonfirmasi kehadiran saya melalui nomor WA.

Teknik : dari kasus di atas bisa dipelajari bahwa, si pelaku penipuan akan memproses lamaran dengan cepat, artinya begitu sampai kuota tertentu, misal 30 orang langsung closed dan proses melalui email. Kemudian waktu yang ditentukan sangat mepet dari sehingga membuat korban terburu - buru dan tidak sempat mengecek kebenaranya. Emosi membutakan Logika. Dengan waktu yang singkat tersebut berharap korban langsung masuk ke perangkap, dan mengkonfirmasi kehadiran melalui WA. Konfirmasi inilah merupakan "tanda" bagi si penipu bahwa korban sudah masuk perangkap.


Mencoba membuat E-mail palsu, sama khan?  - Menipu Diri Sendiri

E-mail yang masuk juga dibuat seolah olah dari hrd@gudanggaramtbk.com, mungkin untuk sebagian banyak orang melihat ataupun menganalisa, bahwa si penipu meng-hack email server PT. Gudang Garam untuk mengirim e-mail, tetapi melalui riset kecil kecil-an, saya juga bisa membuatnya dalam hitungan menit untuk mendapatkan hasil yang sama persis tanpa sedikit pun meretas/hack e-mail server Gudang Garam ( lihat gambar di atas ). Jika mereka mampu meng-hack e-mail server PT. Gudang Garam, maka tidak perlu mencari uang dengan jalan yang sesat seperti ini.

Petunjuk konfirmasi kehadiran Undangan Tes

Sebenarnya karena saya tidak melanjutkan konfirmasi melalui nomor WA, jebakan tidak berhasil untuk saya. Karena waktu itu memang bagi saya sulit untuk ijin cuti mendadak kemudian terbang ke Surabaya. Jika tidak, mungkin saya ambil juga dan masuk "jebakan betmen", fiuuuh. Tetapi jika anda mengkorfimasi kehadiran anda melalui WA, dari berbagai blog dan artikel yang saya baca. Maka anda akan diminta untuk mentransfer pembayaran sekian juta rupiah melalui travel agent tertentu, agar mendapat fasilitas penjemputan dan penginapan selama 2 hari di Surabaya.

Teknik : Dari kasus di atas terlihat jelas, bahwa itulah motif inti dari penipuan berkedok lowongan kerja yaitu MEMINTA UANG DI DEPAN. Logikanya perusahaan bonafid sekelas PT. Gudang Garam , Tbk, tidak mungkin bermental "pengemis" yang meminta uang di depan kepada si pelamar, apalagi dalam jumlah besar, apapun alasanya. Jika memang anda merupakan calon yang terpilih, atau "high quality candicate" dari ribuan pelamar jadi 30an orang, seharusnya anda malah dibayarin, bukan malah dipersulit dengan tes yang harus jauh dari tempat tinggal anda dan bayar dulu ke travel agent.

Dari kasus  yang saya alami akan saya simpulkan teknik yang mereka pakai dan cara mencegah anda untuk mengalami hal serupa.

  1. Jika anda mendapat undangan lowongan kerja dari PERUSAHAAN APAPUN , tidak harus PT. Gudang Garam, Tbk, dan MEMINTA UANG DI DEPAN, apapun teknik dan alasanya. LUPAKAN!!!. Karena itulah inti dari penipuan berkedok lowongan kerja. Saya tidak akan membahas teknik penipuan terlalu detail, karena teknik penipuan akan selalu berkembang lebih canggih dan mungkin bisa juga ada oknum dari PT tertentu sehingga lowongan akan terlihat "resmi" dan "legal", akan sulit sekali dicek.
  2. Biasanya lowongan abal abal yang  memproses anda dengan cepat atau bahkan sangat cepat, seperti yang saya alami. Kenapa? Itu karena agar anda terburu buru dan emosi sehingga tidak sempat mengecek kebenaran lowongan tersebut, dan biasanya tempat tes jauh dari lokasi tempat anda tinggal. Selain itu juga untuk menghilangkan "jejak digital" mereka di situs pencari kerja, yang tersisa hanya e-mail dan surat undangan dalam bentuk pdf. Ketika anda melacak email-nya pun percuma karena e-mail-nya dikirim dari server luar negeri ( dicek dari header email). Meskipun beberapa item header e-mail terlihat "asli" tetapi jika anda kirim balik,maka e-mail tersebut tidak ada. Link dari lowongan kerja yang ada di situs pencari kerja, juga akan mereka hapus dengan cepat untuk menghilangankan jejak digital mereka.
  3. Jika anda cek lebih teliti e-mail Undangan Lowongan kerja tersebut akan banyak hal ganjil, cuman hal ini relatif. Jika si penipu teliti maka e-mail Undangan tersebut akan sangat "halus". Hanya dari e-mail undangan yang saya terima agak sedikit "kasar", contoh banyak sekali salah ketik / typo. PT Gudang Garam  gitu loh, masak Undangan banyak salah ketik. Kemudian menampilkan besaran gaji, yang tentu saja ini bagi saya ( setelah sadar ), cukup "vulgar", dan tentu saja mereka menampilkan gajinya cukup tinggi untuk ukuran sekarang. Kemudian banyak link - link web yang ada di email tersebut kebanyakan dead link, atau tidak bisa diakses.
  4. Tidak ada nomor telepon perusahaan ( PSTN ), yang ada hanya nomor telepon HP. Tetapi hal ini tidak bisa menjadi patokan, meskipun dari pihak Jobstreet menyampaikan jika tidak ada nomor telepon PTSN perusahaan patut dicurigai. Masalahnya teknik membuat panggilan telepon PSTN dari handphone saat ini bukan hal mustahil dan baru lagi, karena teman saya seorang  ahli di bidang VOIP  bisa melakukannya. Dengan aplikasi android, dia bisa melakukan panggilan telepon layaknya dari jalur PSTN. Jika saya berniat jahat juga saya bisa membuat penipuan yang lebih halus, pertama membuat email gadungan yang sama persis seperti dari hrd PT. Gudang Garam saya bisa, kesalahan ketik pada surat lamaran akan saya cek dan perbaiki, no telp PSTN saya bisa membuatkan dengan bantuan teman saya.


Semoga artikel saya bisa bermanfaat bagi teman - teman yang sedang mencari pekerjaan dan bisa memperoleh wawasan baru agar tidak tertipu. SAY NO untuk BAYAR DI DEPAN.

Labels: ,

116 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Td siang sy dapet SMS yg memberitahukan surat panggilan interview dari PT.Gd Garam sudah dikirim via email. SMS diterima dari No.HP: +6282321704646. Setelah ngecek email ada sekitar 20 pelamar yg dijadwalkan utk hari Jumat, 20 Sep 2019. Lokasi interview di Pemecutan-Kaja,Bali. Email diterima Rabu, jadwal intrvw Jumat jam 8 pagi. Mepet banget.

Nomor surat tertulis bulan IV (yg artinya April) padahal sekarang kan September, bulan-9. Sy curiga. Tapi tetep nyoba hubungi orang travel sesuai isi surat, Dimas Baskoro, 085216407880, Raja Tours & Travel. Gaya bicaranya sama sekali tidak sesuai dengan namanya. Setahu sy, Dimas Baskoro biasanya berasal dari Jawa, kok ini yg ngomong dialeknya sama sekali bukan jawa, tapi kyk org luar pulau gitu. Dan pemilihan kata-katanya juga tidak seperti yg biasanya dipake oleh org kantoran, apalagi yg sekelas Gd.Garam. Sy makin curiga.

Sy minta tolong kerabat yg kebetulan kenal karyawan PT Gd.Garam utk ngecek surat panggilan tsb. Saat nunggu kabar dari sodara, sy browsing ttg penipuan loker PT GG dan lumayan surprise ternyata kejadian kyk gini sudah berlangsung lama. Pas selesai baca artikel ini, sodara sy mengkonfirmasi bahwa lowongan kerja tsb penipuan.

Terima kasih atas artikelnya, semoga para pelamar lain dihindari dari penipuan seperti ini, terutama yg fresh graduate.

5:58 AM  
Blogger boed said...

Sama sama bro / sist, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa mengurangi penipuan sejenis. Senang bisa berbagi informasi.

6:46 AM  
Blogger Unknown said...

hallo bro apa benar interview gudang garam administrasi 100rb?

3:33 AM  
Blogger boed said...

Untuk kasus yg saya alami tidak ada bro, hanya modus mereka meminta transfer uang untuk biaya akomodasi ke surabaya dari jakarta melalui travel agen. Kelas gudang garam seharusnya tidak ada biaya administrasi untuk interview. Dapat info darimana bro?

3:40 AM  
Blogger Slank said...

Bg saya mau nanya semalam saya dikirim surat panggilan lewat email dari pt.gudang garam untuk tes di bali,apakah ini benar apa penipuan ?

4:18 AM  
Blogger boed said...

Pokoknya kalau minta duit di depan ( transfer) dsb, harus pakai travel, hampir dipastikan itu penipuan bro. Apalagi ciri2nya sama seperti kasus saya, pasti penipuan

6:51 AM  
Blogger Ghazinewss said...

Sama... Penipuan itu bro 🤭🤣

5:04 PM  
Blogger Rudi said...

Saya barusan juga kena tipu tapi ini masih tahap menipu balik dia alamat emailnya ini monggo yang mau iseng si penipu masih angget pt.gudanggaramtbk57@gmail.com

12:55 AM  
Blogger boed said...

Iya bro, setahu saya modus "Lowonngan Kerja Gudang Garam" ini paling terkenal, tapi saya juga sempat browsing, ada pakai PT lain di batam, biasanya lokasi PT-nya bukan di Jakarta agar ada biaya transport dll, yang ujung2nya harus bayar dulu di depan. Intinya apapun PT-nya kalau ada bayar2 di depan, lupakan saja, itu hampir pasti penipuan.

1:01 AM  
Anonymous Anonymous said...

Alhamdulilah artikelnya bermanfaat sekali ,sama halnya yg saya rasakan , senang tp kwatir apakah valid undangan interview nya , semoga bnyag yg lebih berhati2 .

6:12 PM  
Blogger Unknown said...

Saya jg barusan pagi email jg dr pt gudang garam utk tes di bali, masak iya lg musim covid19 gini suruh test ke bali.
Padahal rmh sy Malang Jatim

7:04 PM  
Blogger boed said...

Betul gan, sudah tidak masuk akal lagi palagi lagi covid-19, pokoknya harus hati2 gan, penipuan sekarang makin marak.

7:41 PM  
Blogger Unknown said...

Saya juga dapat panggilan tes di bali, apa benar itu penipuan?

5:30 PM  
Blogger boed said...

Betul gan, kalau penasaran coba aja direspon ujung2nya pasti minta transfer dulu, hari gini lagi musim COVID-19 disuruh ke bali. Lagi musim COVID-19 gini sebenarnya modus penipuan model seperti ini agak "tumpul" karena orang juga mikir mau pergi kemana2. Hati hati aja gan, modus intinya model penipuan panggilan kerja seperti ini adalah minta uang dahulu di depan, mau Gudang Garam kek mau PT apa kek, sama aja. Intinya mereka mengatasnamakan Perusahan yang terkenal dan bonafid agar orang tertarik. Kebetulan PT Gudang Garam ini jadi bulan bulanan karena mungkin "template" penipuanya dah tersebar yang masih aja dapat korban jadi dipakai terus, padahal kalau saya cek sudah dari tahun 2012, seharusnya teknik ini sudah "basi", tapi mungkin banyak orang diam saja. Saya hanya bisa membantu mencegah melalui tulisan ini. Semoga bermanfaat bagi teman teman.

6:58 PM  
Blogger cemink said...

sama bro, aku juga dapet suruh interview di bali, gila aja. beneran oeniouan ya, 0antesan emailnya kok agak mencurikan, masa madang garam pakai gmail. aku buka di situs resminya ga pakai gmail tuh, dan ga ada loker juga dikolom karir

10:35 PM  
Blogger cemink said...

basibjuga si gan, tpi namanya ornag cari kerja, kalo yg ga selektif, ga kritis, juga ga bakalan nyari2 info di internet, atau sekedar baca2 komen di postingan orang. dapet email dri gudang garam aja udah senengnya bukan main, kaya kw tadi, sblm tersadar kalo bnyk juga yg janggal

10:39 PM  
Blogger boed said...

Betul gan, hati hati aja lah. Apalagi sedang kondisi seperti ini, penipuan pasti makin marak.Yang saya heran kenapa website penyedia loker ini gak bikin filter ya, soalnya loker dengan model "PT. Gudang Garam" sudah dari lama, saya cek dari 2012 dan sampai saat ini "PT. Gudang Garam, Tbk" masih jadi "template" yang laku sebagai jebakan para pencari kerja. Ya doa saja agar para pencari kerja yang mendapatkan e-mail dari "PT. Gudang Garam", sempat membaca blog saya dahulu sehingga terhindar dari penipuan.

10:55 PM  
Blogger Hamba Allah said...

Saya kemaren pagi dapat email buat tes di bali senin jam 8, eh tadi pagi dapat email lagi buat tes di bali hari rabu jam 8,pas saya sms ke "yg katanya HRD" bilangnya yg besok senin ditunda, tapi nama² peserta tesnya udah beda dari email yg pertama sama yg kedua😂

6:00 PM  
Blogger boed said...

Yupe, second wave, diolah lagi menggunakan data2 lama, hehe. Ya semoga tulisan ini membantu mencegah banyak korban, jangan lihat modus pakai nama besar PT Gudang Garam-nya tapi pola-nya,karena menggunakan nama besar PT Gudang Garam hanya opsi saja bagi mereka.

7:47 PM  
Blogger deddy_dide said...

Hahaha iya ini memang penipuan ���� barusan saya udh WA ke penipu nya.. lgsung WA saya di block oleh mereka.. udah ketahuan modus nya skrg ����

8:31 PM  
Blogger Unknown said...

Pagi ini dapet email interview dari PT gudang garam, interview tanggal 5 di Bali, saya belum konfirmasi ke pihak travel saya cari tau dulu di Google. Ternyata penipuan

6:44 PM  
Blogger Unknown said...

Saya barusan ketipu min tranfer 4jt min

7:17 AM  
Blogger Unknown said...

Iya ini sy jg dpt suruh ivew dibali .sama travelnya suruh bayar 4jt..jadi curiga..

9:14 AM  
Blogger boed said...

Waduh, lain kali hati hati gan, pokoknya interview dari pt apapun kalau model ada transfer uang atau bayar biaya apa gt yg mahal, itu hampir pasti penipuan gan.

10:53 AM  
Blogger Unknown said...

Saya smalam dapat e-mail dari gudang garam untuk melakukan test di Denpasar . Sementara di Medan juga ada perusahaan nya kenapa harus ke Denpasar ?
Mohon penjelasan nya

10:40 PM  
Blogger boed said...

Lupakan saja gan, sudah pasti itu penipuan. Logikanya sederhana seperti yang agan sampaikan, jika di Medan ada kantornya kenapa harus ke Denpasar itu pertama. Kedua pada saat sekarang perusahaan cenderung menahan atau mengurangi karyawan bukan menambah. Ketiga yang ingin masuk ke PT Gudang Garam mungkin ribuan dan agan terpilih untuk test artinya agan adalah orang yang terpilih, harusnya agan dibayarin bukan bayar di muka untuk test, atau test di kantor terdekat. Pokoknya hati hati dengan modus penipuan seperti ini. Semoga bermanfaat.

5:01 AM  
Blogger Unknown said...

Wah aku jg dapet e_mail untuk seleksi di bali tgl 6 juli,awalnya gag curiga,tp setelah browsing dan nemu artikel ini ternyata modusnya sama, makasih gan

3:25 AM  
Blogger boed said...

sama sama, senang bisa membantu dengan tulisan ini, semoga bermanfaat juga untuk yang lain-nya

6:39 AM  
Blogger Unknown said...

Saya juga dapat email dari PT.gudanggaram , d suruh interview di Bali sedangkan sya d Pontianak

7:41 PM  
Blogger boed said...

Syukurlah, sempat baca info ini dahulu, semoga kedepan semakin berhati hati. Btw temen temen disini dapat info loker PT. Gudang Garam, Tbk darimana, agar menjadi info bagi temen temen yang lain, jalur jalur yang serin digunakan oleh si Penipu. terima kasih

8:01 PM  
Blogger Farchannn said...

Gua juga dapet bro email terus gua wa travel nya eh ternyata disuruh bayar dulu dan orangnya kayak ngotot gitu

10:57 PM  
Blogger RS said...

Sama bro.. Aku barusan juga suruh bayar 4jt lebih

9:05 PM  
Anonymous Anonymous said...

kemarin saya dapat reply email dari gudang garam dan pas dibuka surat panggilan interview dibali padahal saya tinggal dipurwakarta, untungnya saya bisa kontrol walau lagi senang saya cari tau ini penipuan apa asli dan sekarang saya tau jawabannya.

9:16 PM  
Blogger Unknown said...

Ati ati ya semua saya juga tadi hampir ketipu lamaran kerja dari pt gudang garam abal2, rapi banget dari email dan lainnya, pertama aq ga curiga, dari email rapi sekali, sampai saya cek tiketnya, biaya tiket surabaya bali(pp) dan hotel ttl 4.7jt sampe shock masa 1hari aja tiket pesawat sby-bali dan hotel segitunya.. iseng2 saya cek ke travel resminya yg nyatut nama travel atas nama RAJA TOURS and TRAVEL yg asli ternyata, nama yg ngasih perincian biaya tadi ga pernah ada, dan travel tdk pernah kerjasama dengan perusahan manapun utk proses lowongan kerja dll, berarti sudah jelas penipuan.. dan nomor tlp saya lngsg di blokir oleh penipu berkedok lowongan kerja dan travel, jadi ati2 ya guys, pokoknya kl cari lowongan kerja dan disuruh bayar lupakan aja, itu penipuan smua,..kita bisa cek sendiri

9:44 PM  
Blogger Unknown said...

aku juga baru dapat tadi pagi, disuruh ke bali... huhuhuuu

9:52 PM  
Blogger Unknown said...

siapa yg dapat loker dari JOBSMICRO?? Aku dari itu, itu ke balii

9:54 PM  
Blogger Junior Nainggolan said...

Begitu baca bagian awal poin kedua keterangan (konfirmasi via tlp agent travel) udah fix nipu.
Awal senang karna bangun tidur dapat kabar via sms dan gmail. Ternyata kardus berisikan sampah dalamnya haha

9:23 PM  
Blogger Unknown said...

Barusan saya dapt email dari pt gudang garam undangan tes di bali sedangkn rumah sy di cirebon dan bagi yg hadir/tidak segera hubungi travel tsb,lalu saya langsung WA ke orang Travel ny utk mengcencel ny dan kata Travel ny terimakaih atas konfir ny.apakah nanti ada kelanjutan lagi kah/gimana ya.mohon pencerahan ny

5:51 PM  
Blogger Unknown said...

Ini si gk tau penipuan/bukan y,Barusan tadi jm 5 sy dpt email dari pt gudang garam tbk tentang undangan tes di bali sedang kn rumah saya di cirebon,bagi peserta yg hadir/tidak wajib menghungi travel,lalu saya cepat2 munghungi/wa travel ny bahwa atas nama ini and no peserta ini di cencel tdk bisa mengikuti tes tsb,lalu pihak travel bales Terimakasih atas konfirmasi ny,utk mencegah hal2 yg tdk d inginkn apabila dari travel menghubungi ny kembali sy harus gmn ya bro,mohon pencerahan ny

6:00 PM  
Blogger Husen said...

Saya juga dapat bang surat panggilan dari PT gudang garam di bali Jl. Cokroaminoto No.47, Pemecutan Kaja,Kec.
Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80116

Itu lokasi nya

Apakah itu benar/penipuan ya

11:35 PM  
Blogger Husen said...

Nama saya abdul husaini dari smntra selatan juga dapat tes di bali ini lokasinya Jl. Cokroaminoto No.47, Pemecutan Kaja,Kec.
Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80116

Yg sma dapat panggilan cht WA kita shering yok :085758385001

11:38 PM  
Blogger boed said...

Betul bro,penipuan gelombang yang sama dg teman2 di atas :)

12:13 AM  
Blogger boed said...

Penipuan dg modus "PT. Gudang Garam, Tbk" edisi "DENPASAR", ntar mungkin ada edisi baru lagi :)

9:37 PM  
Blogger Unknown said...

Sama bro saya juga dapet panggilan dari pt gudang garam di bali jl.cokroaminoto no.47 pemecutan kaja, kec.denpasar utara,kota denpasar,bali 80116 alamatnya juga sma itu bro

7:39 AM  
Blogger boed said...

Nah berarti itu penipu yang sama bro, pakai template yang sama :)

8:58 AM  
Blogger Asmaa said...

Fix sama aku juga dapat email itu, tapi nomer telponnya beda
Gudang Garam Tbk 085341468139 ini nomer nya
Tapi nama agen travel nya sama dimas baskoro raja tour and travel

6:40 PM  
Blogger Unknown said...

Saya jm6 pagi ada Email Yang KATANYA Dari PT.GUDANG GARAM TBK.Dapat Panggilan Test/interview di Jakarta dan Rumah saya di Bandung.saya Harus Bayar 2.7 buat Biaya Akomodasi Pesawat dan Hotel

5:48 PM  
Blogger Unknown said...

Saya juga mendapatkan surel yang sama persis. Rasa curigaku terbayar disini. Terimakasih

10:48 PM  
Blogger boed said...

Sama sama, semoga bermanfaat juga bagi yang lain

10:51 PM  
Blogger Ub said...

Sama aing ge dapet begituan

4:03 PM  
Blogger Unknown said...

sama, bahkan tidak hanya dari PT Gudang garam saja, ada dari PLN, Bulog, Bank dll

9:18 PM  
Blogger Unknown said...

Hari ini pas jam 01.30 dini hari,,saya juga dpt email disuruh ke Bali hrs nyampe pd hari Sabtu 18 Juli 2020 utk memenuhi panggilan kerja,,

Waduh...berarti itu asli ya...agan2 PENIPUAN...

Terimakasih atas info2 nya..

Salam utk semuanya smoga sehat sll dan penuh barokah.

11:51 AM  
Blogger Unknown said...

Berarti yang dapat panggilan dengan mengatasnamakan PT.Gudang Garam Tbk. Itu penipuan yah bang ,saya dapat panggilan interview di daerah bali baru tadi pagi ini,alhasil bahagia dan senang allhamdulillah allah udah ngasih petunjuk sama saya setelah saya lihat yang sudah pernah di alami oleh abang. Terimakasih

5:16 PM  
Blogger boed said...

Betul bro, sama sama senang artikel ini bisa membantu. Tidak harus PT. Gudang Garam Tbk saja, tetapi kita harus pahami pola-nya, menggunakan nama PT. Gudang Garam hanya salah satu modus saja, dan masih bisa digunakan untuk menipu sampai saat ini. Kedepan semoga kita semakin berhati hati dengan modus seperti ini.

6:15 PM  
Anonymous Anonymous said...

Saya juga dapet panggilan tes lokasi bali tp dr bank BNI, rapi skali emailnya. Masa sekelas BNI saya harus nalangin dlu biaya pesawat dan Hotel. Untung saya cari2 dlu infonya. Trnyata penipuan. Trims infonya.

10:49 PM  
Anonymous Anonymous said...

baru aja dapat email dari info.gudang.garam@graduate.org
pertamanya asal daftar aja krn emailnta trlihat proffesional. lalu saya baca file surat panggilannya di Bali ternyata, dan harus pake travel yg ditunjuk, dah dr awal email sangat gak meyakinkan lalu saya browsing2 ternya bener penipuan haha.
trimakasih ceritanya sgt membantu, semoga ga ada yang sampai kena tipu.

7:46 PM  
Blogger Unknown said...

Saya juga dapat email untuk interview di bali untung saya cari di internet pt gudang garam eh saya liat kok no tlp sama fax nya berbeda .... astagaaa saya hampir tertipu dasar orang2 laknat saya sudah setngah mati cari kerja gak ada uang sekarang hampir di tipu lagi 😭😭

6:17 PM  
Blogger Unknown said...

Sama aku juga, bingung sekali. Rumahku Sidoarjo... Masa se gitunya sampek harus ke bali dlu

5:05 PM  
Blogger Unknown said...

Klo aku dri sodaranya temenku, nemu info lokernya trus diinfokan ke temenku lalu aku coba...yaa kyk gini jadinya

5:18 PM  
Blogger Unknown said...

Masak gua melamar di palembang interview di bali gk ngotak tuh penipu telaso

6:43 PM  
Blogger Unknown said...

Terimakasih gan disini saya dapat pencerahan. Sempat tergiur karna tadi pagi saya dapat email juga dari info.gudanggaram@gmail.com interview di denpasar bali tgl 7 juli. Ternyata ini penipuan

6:54 PM  
Blogger boed said...

sama sama bro semoga bermanfaat juga bagi yang lain

7:29 PM  
Blogger Ayuc said...

Assalamualaikum, terimakasih kak atas informasinya. Saya juga ada daftar ke PT Gudang Garam Tbk lewat link https://www.owcareers.com/jobs/indonesia/semarang/administrative/accounting-auditing/daftar-lowongan-kerja-terbaru-pt-gudang-garam-tbk/5545/apply itu saya daftar kerja tanggal 30 Juli 2020 sekitar jam 23.30 . Nah iseng juga tadi tanggal 4 Agustus 2020 saya cek gmail barangkali ada balasan dr perusahaan ternyata dapat email dari infopt.gudanggaram@gmail.com perihal Panggilan Interview Calon Karyawan PT Gudang Garam Tbk nah pas saya cek memang benar ada nama saya dan yang bikin aneh itu saya domisili Purworejo terus diketerangan pas saya daftar itu gudang garam semarang kenapa interview.nya di bali alamatnya itu JL. COKROAMINOTO NO.47, PEMECUTAN KAJA, KEC. DENPASAR UTARA, KOTA DENPASAR, BALI 80116. Nah saya cek di google maps memang ada disitu pabrik gudang garamnya tapi kok di file pdf.nya juga tertera kesana.nya menggunakan Jasa Raja & Tour Travel atas nama Dimas Baskoro, SE WA 082348689933. Harusnya kan kalo dapat undangan interview kesana.nya bebas dong mau pakai apa. Ya singkat cerita seperti itu. Untung saya cari tau terlebih dahulu, Alhamdulillah dugaan saya benar kalau memang penipuan.

5:01 AM  
Blogger boed said...

waalaikumsalam, sama sama semoga bisa membantu yang lain juga yang membaca tulisan ini, intinya selalu hati hati dengan model penipuan semacam ini

11:26 AM  
Blogger Unknown said...

Trimaksih info tmn2, sy jg dpt email tsb, sama persis nama agen travel nya. Pdhl tggl sy madiun, sedangkan pabrik utama ada di kediri. Klu utk interviw gak perlu ke bali. Madiun kediri deket. Knp hrus ksna itu yg membuat sy curiga.

8:49 PM  
Blogger Unknown said...

Sama saya juga dapat email bro

9:29 PM  
Anonymous Anonymous said...

Barusan aja dapat email interview tapi di bali dan suruh hub permata tours and travel. Kirim email dua kali ke saya dan no pesertanya beda dan nama peserta juga beda dgn yg kiriman pertama. Nehnya kok bisa perusahaan kirim email tengah malam ya hhee

9:55 AM  
Blogger Unknown said...

Sama saya juga dapat. Terus gimana ya apa itu hoax

1:28 AM  
Blogger boed said...

Betul bro, itu hoax, lagi musim, bisa dilihat komen2 di atas, semuanya sama

3:05 AM  
Anonymous Anonymous said...

Terima kasihh infonya semua

6:04 PM  
Anonymous Anonymous said...

Adu bro saya juga baru dapat email sekitar jam 5 pagian gitu, tepatnya tgl 22 Agustus 2020, padahal saya baru kirim surat lamaran kemaren sore sekitaran jam 5 sore.. Eh tiba2 pas bangun pagi udah dapat panggilan interview dari PT Gudang Garam, sama alamatnya juga di bali dan agen travelnya juga sama dgn y kawan2 ceritakan diatas, aduh untuung aja saya langsung googling, kalau gak saya udah bela2in tuh berangkat, makasih semuanya, budayakan terus berbagi info, apalagi info ttg loker berkedong penipuan gini y mengatasnamakan PT besar sekelas Gudang Garam

6:47 PM  
Anonymous Anonymous said...

saya juga coba iseng2 lamar dari linkedin, gk lama dapet email buat interview dan lokasinya di denpasar bail, ini lokasi test jauh amat padahal penempatan sukabumi dan kantor pusat jakarta akhirnya saya mulai curiga, emailny dapet tgl 21 agustus 2020, alamat emailnya: gudanggaram@recrutmen.com, sekilas cukup meyakinkan tapi hal ganjil dialamat emailnya biasanya kalo perusahaan besar nama perusahaan dibelakang contohnya gini recruitment@gudangdaram.com nah ini diemail yg saya terima dibalik emailnya gudanggaram@recrutmen.com.
gak ada body text diemailnya, cuman ada lampiran PDF aja dan emailnya masuk spam, saya sebagai HRD setiap undangan atau email resmi wajib mencantumkan body text diemailnya hampir sama kaya dilampiran. nah yg anehnya si pdf nya banyak hal ganjil, dari logonya keliatan burem, dan jelas disebutkan wajib menggunakan travel. dari sini saya mulai curiga.
sisanya sperti yg ada di artikel ini. kurang lebih sama beda2 tipis kejadiannya.
tq bro buat infonya, kebantu banget infonya.
buat yg lain bisa share pengalamannya, biar banyak dari teman2 kita kebantu agar gak kena tipu juga dari loker bodong dan travel.

7:48 PM  
Blogger Unknown said...

Terima kasih banget atas infonya.. lega rasanya klo dpt info valid bahwa ini mmg penipuan ...

6:19 PM  
Blogger Dikdikz said...

Hahaha
Pelamar pt GG udah interview di sini semua
Terima kasih yang buat blog tentang penipuan ini.
Akhirnya saya tidak jadi gelandangan di bali.

4:34 AM  
Blogger Nikay said...

Boleh minta no WA nya nggak..soal nya hari ini aku juga dapat surat panggilan.

5:05 AM  
Blogger boed said...

Sudah pasti itu penipuan bro and sist, soalnya waktunya hampir bersamaan dan banyak teman2 yang hampir kena tipu komen semua disini, tidak perlu konfirmasi via WA.

5:13 AM  
Blogger Nikay said...

Aku juga dpet panggilan barusan..30 agusts 2020 aku nglamar ke semarang., tp di suruh tes ke bali. Tgl 1 september 2020..apa benar,gudang garam di semarang buka lowongan?? Kalo benar.. mending lewat manual langsung aja lah .. aku samperin PT nya

6:14 AM  
Blogger boed said...

Tidak usah ditanggapi, kalau ditanggapi, pasti minta uang buat bayar travel agent, sama seperti yg lain, kadang dalam hati penasaran, tapi jelas ini penipuan. Namanya PT yang bonafid juga berhitung, mana ada di-email tgl 30 berangkat tgl 1. Kemudian coba kita liat kemampuan kita, apakah kita sehebat itu dari ribuan pelamar atau bahkan puluhan ribu kalau kelas PT. Gudang Garam, hanya misal 30an yang dipanggil dan kita ada diantara 30 itu, itu sudah jelas tidak masuk akal.

7:18 AM  
Anonymous Anonymous said...

Senang & sempat terbawa emosi pas dapet kabar dari gudang garam. eh penipuan untung googling dulu alamat JL.COKROAMINOTO NO.47, PEMECUTAN KAJA,KEC.DENPASAR UTARA,KOTA DENPASAR,BALI 80116 Telp. (0361)-427557/(0361)-735977. Cek web travelnya http://www.raja-toursandtravel.com langsung pop up chat "Fyi, Raja Tours & Travel khususnya website yang Anda kunjungi saat ini tidak pernah mengadakan kerjasama dengan perusahaan mana pun untuk pengadaan tiket dalam perekrutan tenaga kerja. Bila ada yang mengatasnamakan Raja Tours & Travel dipastikan itu penipuan, terima kasih".
Berikut cp travel yg dicantumkan untuk konfirmasi & pembayaran transport :
DIMAS BASKORO,SE Ticketing And Reservation
☎Contact Person/WhatsApp : 085238911797
PENIPUAN & JANGAN TERGIYUR!

7:31 PM  
Anonymous inaddisini said...

PENIPUAN PT GUDANG GARAM Tbk

JANGAN SEKALI2 TERGIUR OLEH PERUSAHAAN BESAR APABILA PANGGILAN INTERVIEW CALON KARYAWAN MASIH DIMINTAI UANG TUNAI (TIKET/HOTEL/DSB)

Rabu, 14 Oktober 2020

saya menerima email dari info.gudang.garam@graduate.org

bahwa saya diundang untuk menghadiri interview tepatnya berlokasi di Bali, Jl. Cokroaminoto No.47, Pemecutan Kaja, Bali 80231, Indonesia.

untuk dapat menghadiri acara tersebut dijelaskan di isi email terdapat lampiran berupa pdf, bahwa calon karyawan perusahaan diharuskan untuk membayar biaya reservasi tiket transportasi dan hotel.

Saya tidak serta merta mengiyakan, perlu divalidasi terlebih dahulu tentang informasi yang disampaikan apakah benar atau penipuan? lantas saya kontak nomor telepon agen travel mengenai berapa jumlah biaya yang dikeluarkan? sebesar IDR Rp 4.250.000

INI MAU INTERVIEW APA INVESTASI BUND?

Terdapat banyak kejanggalan penulisan didalam isi lampiran (pdf) tersebut, tidak satu dua kalimat yang typo, sekali lagi, perusahaan sebesar PT Gudang Garam Tbk, apakah tidak menyeleksi tatanan HRD? tidak mungkin juga ya bund...

teruntuk kalian yang baca thread ini, semoga tidak menjadi salah satu korban penipuan berkedok panggilan lowongan kerja perusahaan besar lainnya, validasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk pergi. Berusaha terus jangan mudah menyerah.

Selamat Berjuang!

12:40 AM  
Blogger Unknown said...

Pengalaman yg persis sama, Saya juga dapat panggilan interview hari ini dari PT. GG. Tbk. Yg d jadwalkan jam 8 hari sabtu tgl 7 -11-2020 d BALI. Dari awal saya menemukan hal yg aneh nama emailnya PT.Gudamgaramtbk.kok M harusnya NG
Ternyata berkedok
TRIMA KASIH INFORMASINYA.

9:00 PM  
Blogger Rahasia said...

Wah ini sama banget. Saya jg kmarin malem nyoba daftar eh td pagi jam 5 dapat email panggilan interview d jakarta hari selasa tgl 17 nov 2020. Yg saya bingung kenapa harus konfirmasi ke travel awalnya saya abaikan karna saya pikir pergi sendiri saja karna sukabumi - jakarta lumayan lah ga jauh2 amat. pas saya liat nama emailnya sama gudam bukan gudang, alamat memang benar tp ko no telp fan fax nya beda makin curiga aja, setelah itu coba menghubungi tuh travel itu dan ternyata bener dia alasan utk akomodasi dan dia bilang interview dan wawancara nya d hotel wah makin ga bener nih dan stelah saya baca komen2 ini semua saya jd yakin klo ini nipu. Untung saja blm brngkat

11:40 PM  
Blogger Amie Sutedjo said...

Thankyou for info n share guys...

Modus pagi ini (16-11-2020) masih sama, tgl 15nov iseng cari lowongan karena baru resign akhir Oct kmrn. Coba2 Isi melalui link Dr Google utk di BULOG. Pagi ini jam 06:45 dpt email pemanggilan interview di Gedung Sekar Menuh Jl. Raya Puputan No. 41 Denapsr Bali, ada sekitar 40peserta, email dari : perumbulog@recrutmen.com (nulis Recruitment aja udah Salah ya) diminta konfirmasi kehadiran ke sms 085212389595, Dan koordinasi tiket ke permata tour & travel pic: agus rismawan 085333386959. Aq siy blm konfirmasi2, pertama2 langsung mengamati isi pdfnya dulu, benar logo Buram Dan googling reputasi travelnya, sampai akhirnya dpt informasi di sini, jd fix percaya ini penipuan.

Thank-you Smart People sekali lagi sdh mau berbagi, semoga para pejuang kantor baru tdk ada yg tertipu.

Salam Semangat.

5:17 PM  
Blogger GudamGaram said...

Hahahaha sama gue juga bro, dpt email dari recruitmentptgudamgaramtbk@gmail.com (dari sini gue udh curiga), saya dari sukabumi ke jakarta di suruh bayar sama jasa travel nya yg bernama "Bayu Buana Travel Service" pake pesawat sama nginep wkwk apa apaan, setelah cari di internet saya kaget juga ternyata ini penipuan udh dari dulu, thanks buat yg sharing ini blog nuhun brader

11:51 PM  
Blogger Unknown said...

Terima kasih infonya, saya juga dapat modus penipuan seperti ini. Tapi dengan PT HM Sampoerna Tbk
Hampir juga, krna dikasi waktu utk konfirmasi sangat cepat. Untung aja Masi selamat

12:46 AM  
Blogger boed said...

sama sama, semoga bermanfaat juga bagi yang lain

12:48 AM  
Blogger Gohan Tubagus Edi said...

Saya Pagi tadi sekitar jam 05.00wib dpt email dri Pt.gudang garam tbk. saya dari lampung,sedangkan Testnya di Jakarta.Jadi klo misalkan saya mau kesana pke jasa travel Bayu buana travel.Apakah itu penipuan??

3:24 AM  
Blogger boed said...

Semoga ini menjadi konfirmasi terakhir. Yang harus kita pahami adalah pola penipuan-nya bukan masalah PT Gudang Garam-nya. Artinya jika sebuah perusahaan membuka loker dan mengharuskan pelamar membayar ke travel agen atau apapun itu sebagai sebuah biaya wajib di depan sudah bisa dipastikan itu penipuan gan. Jadi lupakan lowongan yang menggunakan pola penipuan yang mempunyai pola yang sama ataupun mirip. Semoga semakin banyak teman teman yang membaca artikel ini sehingga bisa saling menngingatkan satu sama lain untuk mencegah penipuan berikutnya. terima kasih

5:13 AM  
Anonymous Anonymous said...

Sama mas saya juga udah dapet, intinya kalau memang kita di pilih sebagai calon karyawan pasti di kata kepada Yth itu tertulis nama lengkap kita, kalau tidak tertulis nama kita bro, positif penipuan, sekedar tambahan saja bro

11:31 PM  
Blogger Unknown said...

Sama bang dsn setelah membaca artikel ini aku mulai sadar ,hampiirr aja kena

4:54 PM  
Blogger Zakaria said...

Aku juga sama bro dapet panggilan

10:31 PM  
Blogger Jihan said...

Samaaa , aku malah disuruh ke JKT padahal posisi aku di surabaya

5:42 PM  
Anonymous Anonymous said...

saya orang asli denpasar, jarak ke kantor gudang garam dari rumah cuma 10 menit juga tetep disuruh naik pesawat

7:13 AM  
Blogger K180N6 said...

Parahnya sy dari Sulawesi Tengah trus mau interview di Bali. Padahal waktu Apply pilih yg wilayah Sulteng..asem!!!

8:28 PM  
Blogger YAKIN BISA said...

Barusan juga saya dapat panggilan

5:53 PM  
Blogger Unknown said...

Bang saya dapat panggilan dari PT gudang garam TBK Bandung buah batu itu benar apa bokong sih ...soalnya di kasih pdf untuk isi data diri

6:14 AM  
Blogger Unknown said...

Makasih infonya gan

5:38 PM  
Blogger boed said...

intinya kalau minta uang di depan, abaikan saja gan

10:25 PM  
Blogger anan alfatih said...

Sama gua juga dapetpanggilan di Jl. Cokroaminoto No.47, Pemecutan Kaja, Kec.
Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80116,"curiga ku terbayar disini, makasih infonya

6:51 PM  
Anonymous Anonymous said...

Sama ane juga dapet email dri pt mengatas namakan gudang garam tbk.. Di bali pula, sedangkan ane rumah di bogor lalu suruh kesana baru dpt info email tdi tgl 6 dan disuruh ke bali tgl 8 haha sesingkat itukah persiapan ny haduhh penipuan masih banyak aja

10:52 PM  
Blogger Unknown said...

Saya juga dapat email dari unilever gadungan, saya di surabaya tesnya di bali, undanganya rapi bet suwerr tekower wer. Disuruh hub travel dan membayar 4.2jt. Disitu saya baru yakin penipuan. Intinya tidak ada perusahan yg meminta transfer sejumlah uang. Kalo pun harus training di luar kota saya pernah dan semua disiapin mulai dari tiket pesawat, kos, dan makan enak pokoknya. Hati 2 salam hangat

12:41 AM  
Blogger Unknown said...

Saya kemarin 13 april 2020 dapat surat interview dari gudang garam hari kamis 15 april 2020. Posisi di surabaya harus interview di bali. Trus suruh wa ke pihak travel dan disuruh bayar sendiri dulu baru nanti diganti sama perusahaan. Apa ini termasuk penipuan?

8:46 PM  
Blogger boed said...

fix itu penipuan, namanya bayar ke travel agen dan bayar bayar di muka jelas itu penipuan

8:49 PM  
Blogger CARI KERJA ACEH said...

Ya ampun hampir aja saya kena tipu, hari ini dapet email kalo saya lulus tapi tesnya di Bali. Agak heran awalnya, padahal di lokernya jelas2 punya cabang di Lhokseumawee-Aceh. Terus saya browsing kalau ternyata si agen travel Bayu buana ini udah banyak kasus penipuannya 😂 tebak atas nama perusahaan mana? PT. Gudang Garam! Wah gila, hampir kena tipu gw!

6:37 AM  
Blogger CARI KERJA ACEH said...

Lah iya sama, aku juga dapet email itu. Wah wah, hampir aja kita kena tipu ya

6:41 AM  
Blogger Unknown said...

Hari ini tepatnya selasa tgl 1 juni 2021 kejadian serupa dengan kedok panggilan testing di Bali dimana alamat Jl Cokroaminoto no 47 Denpasar berkolaborasi dengan Bayu Buana Travel terulang kembali

8:06 PM  
Blogger Unknown said...

Saya dpt panggilan kerja Gudang Garam
Tgl interview 19 juni 2021
Jl.cokroaminoto no.47 pemecutan kaja kec.Denpasar Utara
Nama Travelnya : Bayu Buana travel
No WA : 085296782947
Ats Nama : Beni Efriliud Yohanaris (ZEMBUT CUKIMAI)

12:20 PM  
Blogger Unknown said...

Yang diundang ke pertamina disuruh test di bali angkat tangan wkwk

11:26 PM  
Blogger sat said...

sama bro, saya jadwalnya hari rabu tgl 30 😂

1:51 AM  
Blogger sat said...

sama bro, saya jadwalnya hari rabu tgl 30 😂

1:54 AM  
Blogger WIDYA PUSPA said...

Saya juga pagi ini pas buka email kaget.. Rasanya baru kemarin ngirim cv kok pagi ini udh dipanggil. Disuruh ke bali lagi. Padahal lagi ppkm. Awalnya gak curiga dan seneng dongg.. Tapi pas searching alamat gedung gudang garam kok gaada yg di bali?? Akhirnya cari lagi informasi eh ketemu blog ini.. Setelah baca pengalaman bapak/ibu semua akhirnya saya lega gak tergiur dengan penipuan ini.. Makasih bangettt...

5:59 PM  
Blogger Unknown said...

Saya Uda kenak pada tanggal 12 Juli 2021 ya guys. Saya Uda transfer 2 x sebanyak 1.8 JT. Dan 2.870.000jt. total semua 4.670jt yg sudah saya transfer. Krna ppkm jadi saya minta batal. Tpi tidak dikembalikan oleh pihak travel yg tertera pada teks pdf career PT gudang garam tbk
Hingga saat ini pun belum di kembalikan. Gak mudah mencari uang sebesar itu. Krna keinginan kerja saya kira itu benar adanya. Namun itu penipuan. Bagai mna caranya ya guys agar uang yg saya kirim ke pihak travel itu bisa kembali ke saya.

7:50 PM  
Blogger uni said...

hari ini saya kena penipuan dari pt angkasa pura (persero)
sama kasusnya yaitu minta uang di awal dengan dalih akan mengembalikan uang setelah sampai disana dan harus mengirimkan sejumlah uang untuk akomodasi dan tiket.
Alhamdulillah saya membaca artikel ini sehingga tdak saya lanjutkan..

1:21 AM  
Blogger boed said...

semoga yang lain juga tidak sempat tertipu

1:26 AM  
Blogger Unknown said...

Terima kasih artikel ini sangat bermanfaat,anak sy tgl 27 okt juga hampir tertipu dengan modus yg sama.

4:35 PM  
Anonymous Anonymous said...

Bener bgt apa yg dibicarakan diatas bener bgt sama yg ku alami. Tapi aku sadar sih kok HRD dari perusahaan tidak ada foto profil biasanya kalo dari PT pasti di kasih foto. Dan aneh juga minta uang di awal responnya juga agak aneh. Intinya kalo cari kerja daerah JKT atau pusat kota lebih hati hati apalagi belanja online yg minta DP diawal itu udh pasti nipu.

9:07 AM  

Post a Comment

<< Home