The Way Of Life: Sepeda Motor - Internet Of Things
Google

Tuesday, April 16, 2019

Sepeda Motor - Internet Of Things

Rolls Royce Engine


Mungkin ini sekedar mencurahkan sebuah gambaran atau ide yang suatu saat PASTI akan terjadi. Beberapa bulan yang lalu, saya di-WA oleh teman saya bahwa motor matic-nya mogok di jalan sehingga dia tidak bisa datang tepat waktu ke kantor. 


Hal ini mengingatkan saya pada konsep Internet Of Things, yaitu bahwa segala sesuatu akan terkoneksi ke jaringan internet. Bagaimana jika motor teman saya itu dipenuhi sensor yang akan mengirimkan data ke server produsen motor tersebut, kemudian dianalisa, sehingga ketika motor dinyalakan sebelum berangkat teman saya tahu bahwa ada kerusakan atau akan ada kerusakan di part A misalnya. Tentu hal ini akan membuat hidup lebih nyaman, daripada mendorong motor di tengah jalan yang tidak ada bengkel di sekitar jalan tersebut. Begitu juga untuk hal yang lebih besar yaitu mobil, mungkin saat ini masih jarang, atau hanya diaplikasikan ke mobil mobil mewah saja.

Untuk penerapan IoT pada pesawat,  pabrikan Rolls Royce sudah mengaplikasikan pada mesin pesawat buatan mereka. Mereka memasang ribuan sensor pada mesin pesawat buatan mereka, dan mengirimkan data secara real time ke command center roll roys, ketika mesin pesawat tersebut mempunyai masalah, mereka akan memberitahukan ke pihak maskapai atau customer yang memakai mesin tersebut, hal ini untuk menghindari kecelakaan sebelum atau ketika sedang terbang. Keren bukan? Semoga bermanfaat.

gambar diambil dari sini dan sini

related links :




Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home