The Way Of Life: Lenovo G460 i3 370M Review
Google

Sunday, May 06, 2012

Lenovo G460 i3 370M Review


Kali ini saya akan mereview ringan laptop G460 i3 370M. Awal pembelian laptop Lenovo sebenarnya merupakan plan B, karena sebelumnya tidak berpikir untuk membeli Lenovo. Pertama karena sudah banyak teman yang memakai Lenovo,otomatis pengin tampil beda. Kedua dengan budget 4 jt, ingin membeli merk lokal dengan harga di bawah branded tapi fitur lebih banyak. Akan tetapi setelah sampai di lokasi, eh malah beli Lenovo, mungkin merk Lenovo sudah masuk ke alam bawah sadar saya gara gara banyak teman yang sudah memakai Lenovo. Ah tentu tidak hanya itu, pertama adalah masalah support driver, seperti pada tulisan saya mengenai Netbook HP Mini, patch dan update driver lebih terjamin. Kedua adalah karena adanya software Lenovo Energy Management.

Dengan menambah 100 rb akhirnya membawa pulang Lenovo G460 i3 370M. Dan salah satu fitur yang saya sukai dari Lenovo adalah Lenovo Energy Management, dengan software ini kita bisa mengatur settingan baterai laptop apakah akan di-charge full 100% ( Optimize for Battery Runtine ), atau hanya dicharge 80% ( Optimize for Battery LifeSpan ). 


Jika pilih yang 80% otomatis baterai laptop akan berhenti di-charge ketika terisi 80%, hal ini untuk memperpanjang umur baterai. Settingan ini saya lihat tersimpan di BIOS atau di chip baterai itu sendiri, karena ketika posisi mati pun, baterai tidak akan menge-charge full ( 80%), jika kita memilih opsi kedua ( Optimize for Battery LifeSpan ). 


Artinya Software Lenovo Energy Management, hanya berfungsi sebagai setting opsi saja, selanjutnya settingnya tersebut akan dibawa ketika dicharge dalam keadaan notebook hidup atau mati. Setahu saya, fitur semacam ini ada juga dipunyai oleh merk SAMSUNG yaitu Battery Life Extender (Normal Mode dan Battery Life Extension Mode), hanya model yang muncul saya kurang begitu suka.


Sebenarnya juga saya melirik merk DELL karena bentuknya yang rigid dan simple, tapi akhirnya tetap berlabuh ke Lenovo. 

Untuk model sebenarnya G460 standar saja, kelengkapan juga standart, hanya ada slot Express Card, dan karena ini pula saya memasang modem Sierra Wireless AirCard 880E, dan kebetulan ada lapisan pelat logam di palm rest yang secara tidak langsung sebagai pendingin modem Sierra 880 E. Perlengkapan lain adalah mouse Logitech M235,banyak rekan bertanya kenapa harus pakai mouse Logitech dan Wirelles

Pertama tidak bicara tentang merk, kedepan mouse akan wireless semua, selain lebih praktis, juga tanpa adanya kabel mempermudah kita membawanya ketika kita mobile. Kedua kenapa Logitech, jujur saja, mouse dengan bentuk ergonomi paling bagus dan harga terjangkau adalah Logitech. Sebagai pemain lama pembuat mouse, Logitech tentu tidak mendesain bentuk mouse dengan asal asalan. Saingan terdekat mouse Logitech adalah mouse Microsoft, hanya harganya sedikit lebih mahal.

Untuk kehandalan dan daya tahan cukup bagus, karena saya sering lupa tidak mematikan notebook, tapi dengan adanya fitur Energy Management, tidak takut baterai jebol, karena selain akan hibernate secara otomatis ketika idle, baterai tidak akan tercharge ketika sudah mencapai 80%. Kipas prosesor juga akan melambat dengan sendirinya, ketika tidak ada aktifitas (idle), hal ini berguna untuk menghemat daya baterai. Masalah ini sering disiasati oleh pengguna laptop/notebook, dengan mencopot baterai ketika sedang berkerja menggunakan laptop dalam posisi di-charge, menurut saya dengan mencopot baterai akan menjadikan  laptop tersebut menjadi sebuah "PC" bukan "Laptop" lagi. Karena ketika lampu mati, lupa save, habis sudah pekerjaan yang sedang digarap. Jika mencopot baterai menjadikan baterai notebook awet, ya jelas, logikanya baterai yang jarang digunakan ya jelas awet. Semua barang jika jarang digunakan pasti awet. Beberapa link masalah copot mencopot baterai laptop , bisa menjadi pertimbangan di bawah ini:

Laptop Pakai Baterai dan Tanpa Baterai
Pakai Notebook tanpa Baterai
Jangan Menyalakan Laptop dengan Kabel tanpa Baterai

Akhirnya dengan menambah RAM 4 Gb, dengan harapan menjadikan Lenovo G460 bisa berumur lebih panjang, yaitu harus mengupgrade menjadi Windows 7 64 bit agar memory terdeteksi total, performa menjadi lebih meningkat sendikit. Dengan RAM 6 Gb, otomatis G460 masih dapat menghandle berbagai software terbaru untuk beberapa tahun kedepan. Semoga review ringan ini bermanfaat.
catatan : Artikel ini saya buat atas pengalaman pribadi, bukan iklan. Saya sama sekali tidak dibayar oleh pihak Lenovo ,Samsung dan Logitech.

Labels: , ,

1 Comments:

Blogger salam3jari.wordpress.com said...

thanks nice info

12:09 AM  

Post a Comment

<< Home