The Way Of Life: Green Energy
Google

Monday, January 17, 2011

Green Energy

Solar Impulse

Jika kita belanja di mini market Indomaret, atau di toko buku Gramedia maka kita akan diberi tas plastik yang digunakan untuk membungkus hasil belanja kita. Tertulis di tas plastik tersebut, Tas ini dapat hancur dengan sendirinya, atau tas ini akan hancur setelah sekian tahun. Juga ketika anda membeli HP Sony Ericsson seri J105 Naite, maka anda akan mendapatkan kotak kemasan yang sangat kecil, dan user manual berbentuk softcopy yang tertanam di dalam software J105 Naite. Dan J105 juga dibuat dari hasil plastik daur ulang, konsep ramah lingkungan ini juga dinamakan Green Heart oleh Sony Ericsson.
Sekarang produsen mobil beramai ramai membuat mobil Hybrid yang irit bahan bakan dan ramah lingkungan. Artinya kita disadarkan bahwa bahan bakar minyak tidak abadi, harus ada sumber energi lain yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan. Pendekatan paling mudah adalah dengan listrik yang sudah lama ditemukan manusia dan yang jelas ramah lingkungan.
Salah satu lompatan yang dibuat dalam industri pesawat terbang adalah dibuatkan pesawat Solar Impulse dari Swiss. Pesawat ini digerakan oleh batere yang mendapat listrik dari solar cell yang dipasang di sepanjang sayapnya. Kelebihan pesawat ini adalah bisa uji coba terbang selama 26 jam yang artinya pesawat ini bisa terbang di malam hari dengan sisa energi di dalam batere yang di-charge di kala siang hari. Salah satu lompatan besar yang memutarbalikkan konsep bahwa mesin pesawat bertenaga surya hanya bisa bekerja di siang hari.
Di kala negara maju sudah mulai mengenal konsep green energy dan mempraktekannya, marilah kita bersama dari diri kita masing - masing untuk menghemat energi yang kita pakai. Jika kita meninggalkan kantor kita, matikan lampu dan AC. Jika kita hanya berpergian ke lokasi yang cukup dijangkau dengan motor naiklah motor tidak perlu mobil. Jika kita sudah tidak menggunakan komputer, silakan shutdown komputer anda. Dan masih banyak lagi hal hal yang membuat bumi kita lebih hijau.

gambar diambil dari sini

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home