The Way Of Life: Soto Sangka Banyumas ( leluhur Soto Sokaraja )
Google

Friday, June 26, 2020

Soto Sangka Banyumas ( leluhur Soto Sokaraja )


Jika anda mampir atau melewati kota Banyumas jangan lupa untuk mampir di salah satu Warung Soto yang legendaris yaitu Soto Sangka, soto khas banyumas dengan bahan ayam kampong dan masih dimasak menggunakan kayu bakar. Soto Sangka ini sudah hampir berumur 100 tahun ( berdiri sejak 1925), dan sekarang dikelola oleh generasi ke-3 yaitu Ahmad Basuki (48) cucu dari Mbah Sangka pemilik awal warung Soto ini. Dulu sewaktu SD saya sering diajak ibu saya ke warung soto ini, karena ada saudara di kota banyumas, sehingga ketika berkunjung tidak lupa mampir ke Warung soto ini. Jika dilihat dari sejarahnya dan umurnya warung soto ini bisa jadi ini adalah asal mula Soto Sokaraja. Karena banyak mantan pegawai Soto Sangka ini yang akhirnya membuka sendiri Warung Soto, dan jarak antara kota Banyumas dan kota Sokajara cukup dekat yaitu sekitar 15-20 menit perjalanan dalam kondisi lancar. Hanya di Soto Sokaraja ada varian Daging Sapi, sedangkan Soto Sangka hanya menyediakan varian Daging Ayam kampung alias rasa Original.


Warung Soto ini terletak di Jalan Karangsawah No.35 Kedunguter, Banyumas. Jika pada momen lebaran atau liburan panjang dijamin warung ini akan penuh sesak. Warung Sotonya sendiri sedari saya SD yaitu sekitar 30 tahun yang lalu tidak banyak berubah dari segi bentuk dan luasnya, tetap sederhana dan original. 

Tidak banyak berubah, tetap orisinal



Tungku Kayu Bakar

Kemudian jenis mangkuknya seperti soto kudus yaitu kecil, tidak seperti mangkuk Soto Sokaraja yang besar seperti mangkuk Bakso atau mangkuk Mie ayam. Kemudian alat masaknya masih menggunakan tungku kayu bakar, ini yang membedakan dari warung soto sokaraja modern. Juga di warung ini tidak banyak “aksesoris” seperti halnya warung soto di sokaraja, seperti Lanting, Krupuk Mie Kuning, Mendoan dan sebagainya. 

Soto Sokaraja Daging Sapi

Soto Sangka Daging Ayam Kampung

Isi dari Soto Sangka yaitu terdiri dari ketupat, kecambah (tauge), daging ayam kampung, kacang tanah goreng, kerupuk, kecap dan bumbu-bumbu rempah alami tanpa bahan pengawet.

Untuk rasanya masih orisinal, mungkin anda harus pesan dua porsi karena porsi 1 mangkuk kecil tidak cukup mengisi space di perut anda. Meskipun saya penggemar Soto Sokaraja rasa Daging Sapi, tapi rasa soto Sangka ayam Kampung ini mempunyai  tempat yang berbeda alias beda aliran. Aliran Soto Sapi dan Aliran Soto Ayam. Tetap Maknyuss

Bagi anda yang doyan kulineran klasik, jangan lewatkan mampir di Soto Sangka Banyumas.



Monggo mampir



Related Link :


Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home