The Way Of Life: Otak Lokal
Google

Wednesday, February 23, 2011

Otak Lokal

Dalam dunia motor balap di Indonesia, tentu para mekanik akan mengenal CDI Racing merk Vortex. CDI Racing ini cukup terkenal di kalangan mekanik karena keampuhannya menaikkan performa motor racikannya. CDI adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur pengapian pada motor. Salah satu 'kelemahan' CDI Vortex adalah harganya yang mahal, karena diimpor dari negara asalnya yaitu Australia. Tapi sekarang sudah ada CDI Racing bikinan lokal yaitu CDI BRT dan CDI Rextor. Kedua CDI ini adalah murni buatan anak bangsa. Fitur dari CDI Racing lokal ini juga tidak kalah dengan CDI Vortex, antara lain bisa programable, menaikan horse power dan ditanam berbagai macam sensor dan kecerdasan buatan mini / fuzzy logic. Bukti bahwa otak lokal tidak kalah dengan otak luar negeri. Kelebihan dalam membuat sendiri suatu produk adalah, kita bisa bebas mendesain atau menanamkan fitur fitur yang mungkin di produk lain dibatasi.
Pengalaman belum lama ini ketika rekan kantor membuat LIS ( Laboratory Information System ) untuk sebuah rumah sakit. Memang saat ini cukup banyak beredar LIS buatan luar negeri dengan fitur yang melimpah dan juga harga yang selanggit. Dengan membuat sendiri LIS salah satu keuntungannya adalah lebih bebas menanamkan fitur fitur canggih yang mungkin tidak ada di LIS buatan luar negeri. Yang jelas untuk integrasi dengan SIMRS jelas lebih bagus karena tidak perlu bridging yang rumit. Karena LIS tersebut sudah menyatu dengan sendirinya dengan SIMRS. Untuk kontrol data dan perawatan juga lebih simple karena dalam satu kesatuan database. Pada dasarnya setiap alat laboratorium mempunyai protokol yang standar yaitu ASTM dan kabel biasanya menggunakan RS-232, berangkat dari dua hal tersebut kita bisa mencari manual dan cara koneksi ke alat laboratorium. Semakin canggih alat laboratorium, semakin jelas manualnya dan biasanya 'LIS ready' dibandingkan mesin / alat laboratorium yang kurang terkenal. Biasanya kita harus explore sendiri untuk membangun LIS dari alat yang kurang terkenal atau mungkin merk yang sudah kuno.
Semoga kedua contoh di atas bisa menjadi contoh bahwa otak lokal masih cukup mumpuni untuk menghasilkan produk produk yang bersaing.

related links:

Tidak Puas

gambar diambil dari sini

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home