The Way Of Life: IBM Watson
Google

Tuesday, February 22, 2011

IBM Watson

IBM Watson merupakan super komputer buatan IBM yang dipasangi dengan aplikasi DeepQA buatan IBM. DeepQA sendiri merupakan program komputer yang didesain untuk mengenali bahasa manusia dan ditanam kecerdasan buatan. IBM Watson dibuat untuk bersaing dalam acara kuis yang cukup terkenal yaitu Jeopardy. Kuis ini berisi pertanyaan unik mengenai berbagai hal, dan bahkan pertanyaan tersebut mengandung hal yang tersirat. Kemampuan pengenalan masalah seperti ini yang menjadi tantangan IBM untuk membuat IBM Watson, karena selama ini manusia unggul di sisi ini daripada komputer. Sebenarnya IBM Watson merupakan kelanjutan dari proyek ambisius IBM setelah kesuksesan DeepBlue melawan Grand Master Catur dunia Garry Kasparov. Pembuatan IBM Watson sendiri jelas jauh lebih rumit daripada DeepBlue, karena IBM Watson harus mengenali bahasa manusia yang jauh lebih kompleks, dibanding pola pola pertandingan catur yang terinstall dalam database DeepBlue. Untuk memasukkan data saja IBM harus memasukkan semua isi Wikipedia dalam bentuk normal text, kemudian database film, dan semua hal ke dalam database IBM Watson. Yang sangat menarik dari pembangunan IBM Watson adalah di dalamnya banyak aplikasi open source yang digunakan IBM, antara lain menggunakan Apache Hadoop untuk distributed file system, kemudian Apache UIMA yaitu Unstructured Information Management Architecture. Fungsi dari UIMA ini adalah membuat berbagai data text mentah yang dimasukkan ke dalam database IBM Watson menjadi saling berhubungan, hal ini diperlukan Watson untuk menjawab pertanyaan. Hal inilah yang tidak kita sadari bahwa kita menjawab pertanyaan dengan mengaitkan berbagai data dari banyak sekali data, menjadi sebuah jawaban. Kemudian SUSE Linux Enterprise Server 11 sebagai sistem operasinya. Selain tentu saja aplikasi DeepQA yang dibuat dengan bahasa Java dan C++.
Pembuatan IBM Watson juga didukung oleh banyak team, antara lain team untuk membuat algoritma pencarian data dan kecerdasan buatan, team untuk membuat strategi karena dalam kuis Jeopardy juga diperlukan strategi selain menjawab pertanyaan dengan tepat, team untuk membuat sistem hardware super komputer, team untuk membuat suara dan pengenalan suara, ya..Watson dapat berbicara dan mengenali suara manusia ( dalam bahasa inggris tentunya), team programmer yang membuat aplikasi DeepQA dan masih banyak lagi. Dan ada satu lagi kemampuan dari IBM Watson adalah kemampuan untuk belajar, hal ini merupakan salah satu unsur penting dalam pembangunan kecerdasan buatan. Watson dapat merespon dari pola pola pertanyaan yang dia dapat menjadi pola pola yang baru.
Setelah berhasil mengalahkan dua pemenang legendaris Kuis Jeopardy, yang artinya IBM membuat lompatan besar dalam sejarah komputer yaitu Man vs Machine. Ke depan sistem ini akan dikembangkan ke sesuatu yang lebih berguna seperti dalam medis untuk menganalisa penyakit dan lain sebagainya. Semoga tulisan ini dapat membuka cakrawala kita tentang kemajuan yang dicapai komputer untuk kehidupan yang lebih baik.

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home