The Way Of Life: Beda Kelas
Google

Friday, December 28, 2007

Beda Kelas

Jika anda gemar belanja barang – barang elektronik, tentu di lokasi tempat anda berbelanja ada banyak pilihan model. Dari yang berharga murah sampai yang mahal. Coba anda perhatikan barang – barang elektronik yang berharga murah, modelnya biasanya ‘berlebihan’ bahkan cenderung urakan. Apalagi dengan merk yang tidak jelas, juga menu pada remote control yang memusingkan dan tidak intuitif sama sekali. Bandingkan dengan barang elektronik, misal televisi yang berkelas dan berharga lebih mahal dibanding merk yang tidak jelas. Dari modelnya jelas lebih elegan tidak ‘hingar bingar’ , menu pada remote control yang enak dipakai, dan tentu kualitas gambar yang lebih jernih.

Mobil juga sama, mobil yang berkelas biasanya modelnya tidak ‘aneh’, tapi orang tahu bahwa mobil tersebut berkelas. Misal mobil Mercedes Benz, modelnya gak nyeleneh tapi elegan. Seperti menunjukan ‘kedewasaan’ dalam mendesain suatu produk, para vendor ternama akan sangat berhati – hati sekali dalam mendesain suatu produk yang akan diluncurkan.

Sebuah tampilan aplikasi pada dunia komputer, pilihan warna, penempatan menu, kemudahan penggunaan, konsistensi menu pada vendor – vendor ternama terlihat lebih elegan.Salah satu contohnya adalah produk – produk Apple Corp. Bandingkan dengan aplikasi buatan mahasiswa yang baru lulus, atau programmer yang tidak mempunyai cita rasa yang tinggi, desainnya pasti urakan, warna warni, dan tidak konsisten.

Unsur sederhana dan elegan mungkin bisa dijadikan acuan awal untuk menilai sebuah produk yang berkelas atau produk yang asal jadi.

* photos from : www.apple.com

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home