The Way Of Life: QR Code Generator Gratis Online Terbaik
Google

Thursday, July 30, 2020

QR Code Generator Gratis Online Terbaik


Kali ini saya akan me-review salah satu Tools Online Gratis untuk membuat QR Code terbaik yang ada di internet, salah satunya yaitu QRCode Monkey.

Apa saja fitur standart sebuah QR Code Generator :

  1. Input Link atau Content
  2. Setting Warna
  3. Insert Logo
  4. Setting Desain
  5. Setting Ukuran


Input Link atau Content

Input Content
Secara teori sebuah QR Code bisa menampung sekitar 7089an karakter, atau jika dikonversi ke halaman kertas yaitu sekitar 7 lembar kertas A4 (Quarto) berisi penuh karakter dengan margin standart ( 1 lembar berisi 700an huruf / karakter ). Tapi pada prakteknya biasanya berisi link url atau karakter yang tidak begitu banyak. Tips jika QR Code anda berisi link url, usahakan isi link misal berisi menu makanan, ushakan link url-nya cepat di-load oleh browser, jadi usahakan file atau konten-nya tidak terlalu banyak atau besar.

Setting Warna
Setting Warna

Biasanya QR Code berwarna standart yaitu hitam saja, tetapi anda juga men-setting warna QR Code sesuai keinginan, misal sesuai dengan warna logo atau warna background. Cara mengambil kode warna dari logo anda juga bisa menggunakan tools online bernama ImageColorPicker, karena semua warna akan dikode-kan.

Insert Logo


Hampir kebanyakan semua QR Code Online mempunyai fitur ini, meskipun ada beberapa juga untuk fitur Logo berbayar. Salah satu kelebihan QRCode Monkey adalah bisa menempatkan logo dengan proporsi  yang pas dari segi ukuran, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Anda bisa coba setting logo di Tools Online bernama ForQRCode, ketika anda memasukan logo, maka logo perusahaan anda akan terlihat kecil, sehingga kurang pas.

Logo Kecil
Logo Pas


Setting Desain

Setting Body, Eye Frame dan Eye Ball

Desain QR Code juga bisa anda custom di luar bentuk standartnya, misalnya body QR berbentuk dot bulat. Eye Frame dan Eye Ball juga bisa anda custom bentuknya sesuai selera. Tetapi pada desain yang berkelas biasanya tidak terlalu banyak custom, tetapi sekali lagi ini disesuaikan dengan kebutuhan dan selera.


Setting Ukuran QR Code
Setting Ukuran QR Code

Anda juga bisa mensetting ukuran QR Code disini. Ukuran diperlukan untuk kebutuhan dimana QR ini akan dicetak dan dipasang, Jadi cari ukuran yang sesuai dengan kebutuhan anda, pada QRCode Monkey, ukuran standarnya adalah 1000 x 1000 pixel.

Bisa didownload sebagai file PNG, SVG, PDF dan EPS

Kemudian setelah jadi desain QR Code pada QRCode Monkey ini bisa anda download sebagai sebuah file yaitu antara lain : .PNG, .SVG, .PDF dan .EPS.





Selain Tools QRCode Monkey, QRCode Tiger juga menurut saya lumayan bagus, mempunyai fitur yang kurang lebih sama.

Selamat mencoba, Semoga bermanfaat.


Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home