The Way Of Life: Error SLIK “Gagal Mengirim Signature, Gagal Decrypt Signature”
Google

Monday, January 10, 2022

Error SLIK “Gagal Mengirim Signature, Gagal Decrypt Signature”

Error SLIK "Gagal mengirim signature, Gagal decrypt signature!"

Jika anda bekerja di perusahaan leasing atau perusahaan pembiayaan dan sejenis-nya yang mewajibkan perusahaan anda membuat laporan SLIK (Sistem Laporan Informasi Keuangan) ke OJK ( Otoritas Jasa Keuangan ) tiap bulan-nya. Kali ini saya akan sharing mengenai error pada aplikasi SLIK yang pernah saya temui yaitu pada saat Mengirim / Upload data muncul error “Gagal Mengirim Signature, Gagal Decrypt Signature!”. Kemudian jika kita lihat file signature menggunakan menu Buka File Error, aplikasi SLIK akan menampilkan error “File Signature tidak ditemukan!”

Error SLIK "File signature tidak ditemukan!"

Solusi standart biasanya anda akan menghubungi OJK melalui hot line atau e-mail, tetapi percayalah respon-nya tidak akan secepat yang anda harapkan. Ketika anda mendapatkan e-mail balasan pun biasanya solusi-nya tidak tepat. Untuk kasus yang saya alami ini, saya bisa maklum ke team OJK karena error ini akan jarang terjadi di tempat lain, sehingga akan sulit mencari persamaan-nya. Solusi dari masalah ini akhirnya saya temukan sendiri.

Masalah yang muncul pada kasus saya adalah karena salah satu aturan OJK untuk pelaporan SLIK adalah setiap akhir bulan sehingga jika melaporkan dengan range waktu yang terlalu jauh, misal laporan Oktorober 2021 dilaporkan Januari 2022 maka aplikasi SLIK yang berbasis Java ini akan menampilkan pesan error “Gagal Mengirim Signature, Gagal Decrypt Signature!”. Hal ini tentu saja akan membuat anda tidak paham dan akan semakin pusing, karena pesan error-nya sendiri tidak jelas.

Solusinya ganti tanggal sistem komputer anda minimal B + 1 dari, misal bulan laporan  yang anda akan kirim yaitu Januari 2021, maka tanggal pada sistem komputer yang akan anda pakai untuk mengirim laporan SLIK minimal bulan Februari 2021 jika terlalu jauh atau melewati tahun maka akan muncul error seperti di atas. 

Q : Pertanyaan-nya adalah kenapa bisa terpaut jauh antara bulan pelaporan dengan bulan sistem komputer anda?

A : Jawabanya ada 2, yaitu anda atau perusahaan anda memang sangat terlambat untuk melaporkan laporan SLIK, atau tanggal sistem pada komputer anda ter-reset karena baterai CMOS habis atau ada yang merubahnya karena alasan tertentu.

Semoga bermanfaat.


Labels: , , ,

2 Comments:

Blogger ima said...

selamat siang pak, saya ingin bertanya. yang terjadi diperusahaan saya untuk pelaporan slik sama seperti diperusahaan bapak hanya saja periode bulannya tidak jauh, saya ingin melaporkan slik untuk bulan mei kemaren di tanggal hari ini namun keluar gagal decrypt signature. itu bagaimana ya pak ?

11:58 PM  
Blogger boed said...

dimundurkan saja tanggal komputer-nya sesuai dengan tanggal pelaporan yang seharusnya bu. mungkin kebijakan SLIK OJK bisa berubah seiring waktu. Jika kasus saya karena terlalu terlambat.

12:03 AM  

Post a Comment

<< Home