The Way Of Life: Efek Angin Laut Pada Personal Komputer (PC)
Google

Thursday, January 13, 2022

Efek Angin Laut Pada Personal Komputer (PC)

Power Supply kena Angin Laut

Sekitar 2 minggu yang lalu, seorang rekan kerja mengeluhkan komputer yang berada di salah satu cabang kantor kami yang kebetulan dekat pantai, komputernya tidak mau menyala. Ini sudah kali kedua rekan kerja saya mengeluhkan komputernya mati. Akhirnya saya meminta komputer dibawa ke kantor pusat di jakarta untuk saya cek.


Setelah saya cek kondisi PC-nya cukup parah, karena  banyak muncul karat di mana mana. Kemudian ketika saya coba nyalakan tidak mau. Saya cek kondisi power supply juga berkarat. Akhirnya saya berkesimpulan power supply sudah rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Dan harus digantikan dengan yang baru. 

Ganti yang baru

Juga port port USB semua berkarat. Karena memang komputer yang rusak ini digunakan di ruangan terbuka sehingga angin laut dan debu garam dari pantai cukup mudah mengotori komputer tersebut. Hal itu bisa dirasakan pada lantai ruangan jika tidak sering disapu atau dipel akan terasa lengket oleh debu garam. Karena saya pernah di lokasi tersebut.

Bagi anda yang mempunyai kasus  yang sama usahakan letakan komputer di ruangan  yang tertutup, sehingga komponen komputer tidak mudah berkarat dan rusak oleh angin laut.

Kerusakan komponen elektronik karena angin laut, secara umum  bisa terjadi pada semua perangkat elektronik seperti DVD Player, Amplifier dan sebagainya. Jadi usahakan menaruh perangakt tersebut pada ruangan tertutup.

Semoga Bermanfaat.

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home