The Way Of Life: Be like Water
Google

Saturday, February 06, 2010

Be like Water

Dalam dunia pemrograman, terdapat banyak bahasa pemrograman sebut saja Microsoft Visual Basic, Borland Delphi, PHP, ASP , VB.Net dan masih banyak lagi. Dan terkadang orang atau sebut saja programmer terlalu fanatik pada salah satu bahasa pemrograman. Padahal intinya adalah bagaimana membuat program yang sesuai dengan kebutuhan customer dan cepat. Bahasa pemrograman web semisal PHP dan ASP mungkin punya beberapa kelebihan dan kekurangan. Juga untuk bahasa pemrograman desktop seperti Visual Basic dan Borland Delphi juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tergantung bagaimana programmer mengkombinasikan kelebihan keduanya untuk membuat solusi bagi customer.

Sebagai gambaran kita ingin memaku sebuah paku ke papan, itu bisa dilakukan dengan menggunakan batu atau palu. Sekarang masalahnya mana yang lebih cepat dan efisien.?Tentu dengan palu, untuk melempar mangga di pohon lebih cocok pakai batu.

Kita bisa belajar banyak dari dari beberapa filosofi Bruce Lee pencipta Jeet Kune Do dalam konsep art of fighting yang bisa kita pakai dalam belajar art of programming:

"Be formless... shapeless, like water. If you put water into a cup, it becomes the cup. You put water into a bottle; it becomes the bottle. You put it into a teapot; it becomes the teapot. Water can flow, and it can crash. Be like water, my friend..."

"I think the high state of martial art, in application, must have no absolute form. And, to tackle pattern A with pattern B may not be absolutely correct."

"Jeet Kune Do: it's just a name; don't fuss over it. There's no such thing as a style if you understand the roots of combat."


gambar diambil dari sini

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home