The Way Of Life: Pengalaman Membuat SIM C di Bekasi
Google

Sunday, December 06, 2020

Pengalaman Membuat SIM C di Bekasi

SIM C Bekasi

Bagi anda yang belum memiliki SIM C, mungkin tulisan ini bisa menjadi wawasan baru dan tentu saja semangat baru untuk membuat SIM C baru. Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya membuat SIM ( Surat Ijin Mengemudi ) C di daerah Bekasi. 

Sebenarnya saya sudah membuat SIM C yang baru untuk ketiga kalinya karena selama ini saya selalu telat memperpanjang SIM C, sehingga harus membuat SIM C baru. Terakhir ini kerena terkendala  E-KTP yang belum jadi karena sedikit masalah dokumen untuk mutasi dari Jogjakarta ke Bekasi. Setelah E-KTP jadi akhirnya saya berencana membuat SIM C baru di Bekasi.


Langkah – Langkah yang saya lakukan yaitu :


Antrian Online Polres Bekasi Kota

  1. Daftar Antrian Online di link website :  Antrian Online Polres Bekasi Kota. Saya mendaftar antrian pagi hari sabtu karena libur kerja.
  2. Pada hari sabtu pagi saya datang ke Polres Bekasi Kota.
  3. Setelah parkir motor diluar langsung cari tukang fotocopy ( tepatnya ditawari) , disitu langsung saya bilang fotocopy KTP buat bikin SIM C, nanti tukang fotocopy sudah tahu mau di-fotocopy berapa ( 4 lembar).
  4. Setelah masuk ke Polres Bekasi Kota, kemudian saya cari loket untuk pemeriksaan kesehatan, ditanyain tinggi dan berat badan , kemudian dicek buta warna atau tidak, sehabis itu mendapat surat keterangan dari petugas dan membayar biaya sebesar Rp. 25.000 ,-
  5. Kemudian langsung ke loket lanjutan untuk membayar biaya pembuatan SIM C yaitu sebesar Rp.100.000 , - lalu juga membayar biaya asuransi sebesar Rp.30.000 , -
  6. Kemudian berkas diantrikan lagi ke petugas untuk menunggu antrian pengambilan foto untuk SIM C.
  7. Setelah selesai ambil foto lanjut untuk antrian Ujian  Teori. Tes Teori ini menggunakan program komputer, terdiri dari 30 soal. Soalnya berupa animasi komputer mengenai kasus dan aturan lalu lintas kita harus menjawab dengan pilihan Benar atau Salah. Minimal kita harus benar 21 dari 30 soal untuk bisa lulus ujian  Teori. Jika gagal minggu depan harus mengulang lagi. Pada dasarnya soal – soal ini merupakan dasar kita berkendara, meskipun juga banyak kasus yang jarang terjadi atau kita alami sehari, tetapi ini cukup penting agar kita mengerti. Saya hanya benar 23 dari 30 dan berarti itu LULUS. Contoh video Ujian Teori ada di bawah , meskipun tidak sama persis pada dasarnya sama. Sebelum tes saya sengaja tidak menonton video tes ujian teori apapun di Youtube karena saya ingin natural saja, juga untuk Ujian Praktek.
  8. Setelah Ujian Teori lulus, lanjut Ujian Praktek. Ujian ini susah susah gampang. Ujian untuk mengecek ketangkasan dan keseimbangan. Yaitu dari melewati U Turn ( puter balik ) yang cukup tajam, kemudian jalur berupa angka 8 lalu 2 kali kelokan kecil ( video ada di bawah ) . Masalahnya adalah peserta tidak boleh menampakan kaki pada saat mengendarai motor sewaktu melewati Ujian Praktek ini, jika peserta menampakan kaki maka dianggap tidak lulus dan harus mengulang lagi minggu depan. Ketika saya mengikuti Ujian ini mungkin dari sekitar 10 orang peserta mungkin hanya 3 peserta yang lulus tes, jadi diperlukan skill yang cukup ( keseimbangan dan ketangkasan) dan ketenangan pikiran. Nanti saya akan tulis juga Tips untuk bisa lolos ujian SIM C. Singkat cerita saya lolos Ujian Praktek dan langsung menunggu SIM C saya dicetak. 
  9. Akhirnya pada hari itu juga saya mendapatkan SIM C baru saya dengan mengeluarkan biaya hanya Rp. 155.000 ,-

Nah, jika saya bisa tentu pembaca lain juga bisa membuat SIM C tanpa Calo, karena jika kita mengikuti prosedur yang benar selain murah juga mudah. Selamat mencoba.


Dibawah ini kisi kisi jian Teori dan Ujian Praktek SIM C di Polres Bekasi Kota, dengan Ujian ini diharapkan anda bukan hanya LUSUS saja tetapi juga PAHAM, karena dengan menaati aturan di jalan raya niscaya anda bisa terhindar dari kecelakaan dan juga menyelamatkan nyawa orang lain di jalan raya.





related links :

Pengalaman Ujian SIM di Australia

Mendapatkan SIM di Australia

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home