The Way Of Life: Beberapa Sebab Captcha Tidak Muncul
Google

Wednesday, September 16, 2020

Beberapa Sebab Captcha Tidak Muncul

Captcha tidak muncul


Jika kita membuat sebuah aplikasi berbasis web, tentu pada form login tidak lupa kita menggunakan kode captcha untuk keamanan sistem dan memastikan bahwa yang login adalah human alias manusia bukan mesin / bot.

Berikut ini saya bagikan beberapa sebab atau masalah yang menyebabkan kode captcha tidak muncul atau error, dan tentu saja beserta solusinya. Semoga bisa menambah wasasan kita semua.

  1. Directory captcha tidak Full Access. Hal ini menyebabkan aplikasi tidak bisa membuat image captcha pada direktori tersebut, sehingga gambar atau image captcha tidak muncul. Solusinya adalah setting directory captcha anda menjadi full access. Bisa menggunakan perintah chmod pada linux, atau menggunakan kontrol panel bawaan hosting.
  2. Jika anda menggunakan PHP untuk membuat aplikasi, pastikan GD Library enabled, karena jika tidak aplikasi PHP anda tidak bisa membuat image captcha, cara mengeceknya bisa menggunakan phpinfo, anda bisa melihat caranya disini.
  3. Jika anda berganti hosting atau hosting tempat anda melakukan migrasi / update, biasanya apache web server-nya akan diupdate versinya. Nah file .htaccess yang berisi setting konfigurasi akses folder / direktori biasanya ada sedikit perubahan sintak yang nantinya akan berefek pada akses folder captcha. Coba cek pada file .htaccess, pada baris RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L] diganti menjadi RewriteRule ^(.*)$ index.php?/$1 [L], ditambah tanda tanya (?) pada akhir index.php. Kasus ini biasanya terjadi ketika kita atau hosting yang kita sewa melakukan update Apache Web Server.
  4. Username atau Password database server salah, captcha tidak muncul karena password database salah atau berubah. Hal ini menyebabkan image captcha tidak ter-generate. Hal ini kadang terjadi pada saat migrasi hosting, username database hilang atau tidak ikut dalam proses migrasi ( biasanya terjadi pada shared hosting ).

Semoga  bermanfaat.


Labels: , , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home