The Way Of Life: Mengulang Sukses
Google

Sunday, November 08, 2009

Mengulang Sukses

Metis M

Pada awal peluncuran main battle tank andalan Israel yaitu Merkava I tahun 1982 ke Libanon menuai sukses. Para pejuang PLO dengan senjata RPG-7 tidak mampu menembus baja Merkava. Termasuk serangan dengan AK-47 hanya membuat badan merkava gatal gatal, hanya sedikit serangan yang mampu melukai lapisan baja merkava. Bahkan ketika berhadapan dengan tank t-72 buatan Soviet merkava di atas angin. Dengan bantuan laser range finder meriam merkava dapat menembak lebih akurat dari jarak hampir 5 km. Meskipun kaliber meriam tank t-72 125 mm ( terbesar di antara MBT dunia saat itu ) sedangkan merkava hanya 105 mm. Tetapi merkava dapat menembak lebih cepat dan akurat, sehingga tank T-72 menjadi sasaran empuk bagi merkava.
Pada tahun 2006 Israel ingin mengulang lagi sukses masa lalu dengan menurunkan varian baru merkava Mk 3B LIC waktu itu. Sekitar hampir 400 merkava diterjunkan, tetapi apa daya pasukan Hizbullah ternyata mempunyai senjata baru yaitu rudal anti Tank Metis-M, rudal generasi terakhir yang mempunyai kemampuan menembus lapisan baja tank yang paling tebal sekalipun. Rudal racikan Rusia ini selain ampuh, juga sangat portable, mudah digunakan serta minim perawatan. Sehingga Merkava tidak bisa lagi mengulang sukses masa lalunya di Libanon.
Di dunia IT juga pengulangan sukses masa lalu semakin sulit, Yahoo yang dulu pernah menduduki posisi puncak search engine digantikan oleh Google dengan konsep kesederhanaannya. Tiap pihak banyak melakukan R& D untuk menjadi yang terbaik. Internet Explorer yang dulu pernah jaya, sekarang sudah digeser oleh Mozilla Firefox. Selain dukungan finansial yang cukup , juga diperlukan dukungan SDM yang mumpuni untuk mengulang kembali sukses masa lalu.

gambar diambil dari sini

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home