The Way Of Life: Cara Me-reset Password Linux Ubuntu Server
Google

Monday, December 13, 2021

Cara Me-reset Password Linux Ubuntu Server


Seperti janji saya pada tulisan sebelumnya, kali ini saya akan membahas cara me-reset password Linux Ubuntu Server. Sebenarnya ada sudah banyak tutorial yang membahas ini, akan tetapi saya akan menuliskannya kembali sesuai dengan pengalaman saya sehingga lebih nyata bukan hanya copy paste saja. 

Langkah langkah untuk me-reset password Linux Ubuntu yaitu :

1. Pada saat booting, tahan tombol  Shift untuk masuk ke menu recovery mode. Atau pada saat muncul logo BIOS pada layar, tekan Space Bar untuk masuk ke pilihan boot kernel.

recovery mode menu

2. Kemudian pada menu recovery mode, tekan tombol  ‘e’ . Baik pilihan menu recovery mode atau pilih boot kernel, caranya sama.

3. Tambahkan baris init=/bin/bash pada bagian akhir baris nomodeset

init =/bin/bash

4. Kemudian tekan tombol Ctrl+X atau F10 untuk reboot.

5. Anda akan langsung masuk sistem sebagai root(#) tanpa memasukan password.

login without password

6. Ketik perintah mount  -rw –o remount / untuk me-remount partisi root menjadi read/write.

reset password root

7. Ketik passwd root untuk mengganti password root anda.

8. Jika muncul pesan “password updated successfully” berarti selamat anda sudah berhasil.

9. Bisa dicoba untuk login ulang.

login root success

Semoga cara di atas bermanfaat.  

Saya bisa menghasilkan tulisan yang cukup beragam mengenai cara cara menembus atau menghack password karena insiden yang saya alami. Tulisan lain, bisa anda baca juga pada link di bawah. Semoga dengan adanya insiden ini malah menjadi manfaat bagi banyak pembaca.

Terima kasih.


related links:








Software :








Labels: , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home